Selasa, 03 Juli 2018

Demokrasi Pancasila


sebenarnya Arti Demokrasi Pancasila adalah sebuah sistem pemerintahan yang bersumber dari falsafah hidup bangsa Indonesia dan kepribadian bangsa Indonesia. Dari falsafah tersebut kemudian muncul dasar negara yang disebut Pancasila, yang perwujudannya tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

seperti pengertian demokrasi pada umumnya, maka demokrasi Pancasila pada hakikatnya bukanla suatu tujuan melainkan suatu sarana/alat untuk mencapai tujuan itu, yang sudah jelas tercantum dalam preambule tersebut.

Adapun tujuan yang hendak di capai oleh demokrasi pancasila adalah identik/sama dengan tujuan bangsa Indonesia. Tidak boleh menghalalkan semua cara di dalam mencapai tujuan bagaimanapun baiknya tujuan itu seperti metode PKI yang pernah di praktekannya (kalau perlu) dengan cara pembunuhan para jendral guna mencapai tujuan komunismenya tersebut. Bahwa isi sila pancasila tidak membenarkan adanya pengorbanan atas nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan yang harus di hormati, semata-mata dengan alasan demi tercapainya tujuan. (prinsip dan metode PKI/Marxisme-Komunisme ialah tujuan menghalalkan segala cara).

Sedangkan yang merupakan dasar materialnya adalah bersumber dari kepribadian bangsa yang masih kuat berurat akar dalam masyarakat. Sebagai intinya adalah sebagai berikut: Rakyat sebagai subyek ikut serta aktif dan memerhatikan kepentingan golongan atau lapisan masyarakat, berbagai daerah, suku, dan agama. Ia tidak berprinsip pada kemutlakan suara terbanyak yang berakibat tirani mayoritas dan sebaliknya berdasar kekuasaan minoritas yang berakibat tirani minoritas. Dalam hal mengambil keputusan-keputusan diharapkan berdasar kebulatan mufakat sebagai hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan.


Bagi anda yang tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait demokrasi pancasila, silahkan untuk makalah dibawah ini. terimakasih.


demokrasi pancasila .download
Load disqus comments

0 komentar